Jumat, 14 Desember 2012

Segelintir cerita mengenai novel dan film “ 5cm”


Kali ini saya akan sedikit menceritakan tentang buku dan film “5cm” . Ada yang belum tahu tentang novel ini? Ini adalah salah satu nove kesukaan saya , entah kenapa dari judulnya saja sudah terlihat aneh dan membuat penasaran untuk membaca . Awal mula saya tahu tentang novel “5cm” ini adalah dari seorang teman SMA , saya lupa teman saya yang mana *gomen* . Dia memberi tahu saya ada sebuah novel yang patut dan menarik untuk di baca yaitu “5cm” .  Awalnya saya enggan untuk membaca novel ini karena saya bukan tipe membaca teks seperti ini , saya lebih suka komik :D Akhirnya setelah di desak ,saya membulatkan tekat untuk membaca novel ini . Dan ternyataaa ,, ga nyesel deh pokoknya baca ini novel , sampe baca 3 kali pun ga bosen – bosen .


cover buku 5cm 

                Novel yang berisi tentang mimpi , cita – cita ,persahabatan dan cinta karya Donny  Dhirgantoro ini saya rekomendasikan untuk dibaca deh . Banyak moral value yang bisa di ambil dari novel itu . Selain itu novel ini di buat menjadi film . Film yang di adaptasi dari novel biasanya membuat kecewa para penonton yang telah membaca novelnya terlebih dahulu , tapi berbeda dengan film ini . Sampe pacar saya *eh yang maniak film dan kadang bilang film Indonesia itu jarang ada yang bagus menilai atau memberi rate 9  untuk film ini . Menurut dia Gambar , cerita , dialognya bagus dan Indonesia banget gaya filmya . Meskipun ada bagian – bagian yang tidak sesuai dengan novel dan ada yang di potong tapi inti cerita bisa di dapetin di akhir film .


poster film 5cm 

                Sedikit spoiler boleh ya? Haha Film ini bercerita tentang 5 sahabat yang sudah berteman selama 10 tahun yaitu Genta , Zafran , Ian, Arial dan Riani . Genta merupakan leader dari kelompok sahabat ini . Riani merupakan satu – satunya perempuan di kelompok ini yang selalu bisa menyairkan suasana . Suatu hari Genta menyarankan agar mereka berlima berpisah dan menjalani kehidupan masing – masing tanpa menghubungi satu sama lain , usul itu awalnya tidak mereka setujui . Tapi akhirnya usul itu di terima dengan catatan mereka hanya berpisah untuk 3 bulan yaitu samapai tanggal 14 Agustus dan Genta akan menghubungi mereka tepat tgl 7 Agustus untuk memberi tahu mereka tentang rencana lain yang akan membuat mereka terkejut .
                Tepat di tanggal 7 Agustus genta menghubungi teman – temannya untuk berkumpul di stasiun pada tanggal 14 Agustus dengan perlengkapan yang telah disebutkan tanpa member tahu temannya kemana tujuan mereka . Di hari-H akhirnya mereka mengetahui bahwa Genta mengajak teman – temannya ke Malang . Dan setelah tiba di Malang yang paling mengejutkannya lagi ke lima sahabat itu diajak oleh Genta untuk mendaki puncak Mahameru yang terkenal dengan keindahan alamnya .
                Penuh perjuangan untuk mendaki puncak mahameru , persediaan makanan yang hampir habis , badan yang sudah tidak fit lagi dan mental yang sudah capek menjadi berbagai faktor sulitnya mendaki puncak tersebut . Ke lima sahabat dan adik Arial pun mengalaminya *ga usah di certain gimananya yaa ntar ga rame* haha . Akhirnya  mereka sampai di puncak mahameru dengan penuh perjuangan dan hampir saja mati . Di dalam film ini pun terjadi kisah cinta diantara mereka .



Samudra diatas awan yang bisa di lihat di mahameru 

                Sedikit kutipan seorang ian yang saya dapat dari http://5cm-legacy.com/ dan merupakan dialog di film 5cm itu sendiri .
“Saya Ian, saya bangga bisa berada di sini bersama kalian semua... Saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya,... saya akan menjaganya dengan apapun yang saya punya, saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya sendiri... Seperti saya akan selalu menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini.... yang berani nyela' Indonesia... ribut sama gue..!”

                Adapun quote – quote yang saya dapat dari film dan novel ini sendiri
·       -   “ 5cm bukanlah hanya ukuran semata , percaya pada 5cm di depan kamu”
·  - “ yang bisa di lakukan oleh seonggok daging bernama manusia terhadap mimpi – mimpinya adalah mempercayainya “
·  - “ letakan mimpimu 5cm dari keningmu , biarkan menggantung , kejarlah mimpimu itu sampai kau mendapatkannya “

Sebenarnya banyak yang saya dapat dari membaca dan menonton film ini . Saya jadi lebih semangat lagi untuk mewujudkan mimpi – mimpi saya dan menyadari betapa pentingnya sebuah persahabatan J

2 komentar: